3 August 2015
Category:
Lantai Ubin
Comments: 0

TIPS MERAWAT WALLPAPER, GORDYN, DAN LANTAI KAYU UNTUK INTERIOR RUMAH

Menentukan desain interior rumah dan desain interior apartemen Anda tidak lengkap tanpa membahas wallpaper, gordyn, dan lantai kayu. Karena baik wallpaper, gordyn, dan lantai kayu dapat membuat desain interior rumah dan apartemen Anda menjadi semakin nyaman dan mewah. Namun Anda juga harus mengetahui cara yang tepat untuk merawatnya agar lebih tahan lama.

MERAWAT WALLPAPER

Bagi Anda yang memiliki dinding rumah dilapis dengan wallpaper, ada baiknya Anda mengetahui cara perawatannya agar tampilan wallpaper Anda lebih awet. Perawatan wallpaper bermula dari cara pemasangan yang tepat. Karena apabila wallpaper tidak terpasang secara baik, maka wallpaper akan mudah terlepas atau sobek. Untuk pemasangan tersebut, hindari penggunaan sembarang lem. Gunakan hanya lem khusus untuk wallpaper agar wallpaper Anda terpasang dengan baik. Bersihkan permukaan dinding dari segala kotoran yang menempel, dan pastikan permukaan dinding Anda rata. Apabila memungkinkan, sebaiknya Anda memberikan tugas ini kepada toko wallpaper agar hasil lebih sempurna.

Setelah wallpaper terpasang dengan rapi, saatnya Anda melakukan perawatan rutin. Hindari kondisi dinding yang lembab karena akan membuat wallpaper cepat rusak. Segera lap dinding Anda ketika dalam kondisi basah atau kotor. Atau bisa juga menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu di permukaan. Apabila Anda menggunakan lap, usahakan lap jangan dalam keadaan terlalu basah. Gunakan cairan pembersih khusus wallpaper dan sikat halus untuk menghilangkan noda membandel. Ulangi proses ini secara berkala minimal 1 bulan 1 kali untuk hasil maksimal.

Ketika membeli wallpaper, usahakan membeli 1-2 roll lebih banyak untuk mengantisipasi apabila wallpaper Anda sobek dan perlu diganti. Tentu Anda tidak ingin desain interior rumah dan apartemen Anda menjadi aneh karena wallpaper Anda berbeda bukan?

MERAWAT GORDYN

Gordyn juga membutuhkan perhatian khusus dalam proses pembersihannya. Hal ini disebabkan oleh bahan gordyn yang mudah rusak terutama vitrase. Periode yang baik untuk membersihkan gordyn adalah maksimal 3 bulan 1 kali. Untuk beberapa rumah yang terletak di pinggir jalan raya sebaiknya bisa 2 bulan 1 kali. Bahan pembersih yang digunakan harus yang lembut. Alternatif lain adalah menggunakan shampoo atau detergen bayi karena materialnya yang lebih lembut sehingga tidak merusak bahan gordyn dan vitrase. Hindari penggunaan mesin cuci karena dapat membuat kain rusak atau robek. Rendam vitrase dan gordyn dalam air dengan detergen sekitar 1 malam untuk pembersihan maksimal. Cukup kucek perlahan dan jemur di pagi harinya. Untuk perawatan harian, disarankan menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu.

Ada beberapa cara memilih gordyn rumah :

1. Perhatikan fungsi

Jika Anda menggunakan gordyn hanya sebagai ornamen hiasan, sebaiknya pilih gordyn yang kainnya memiliki bentuk hiasan vitrase, misalnya jenis gambar kerang, jenis gambar manik, dan jenis gambar bebatuan. Jika fungsi gordyn hanya sebagai penutup saja, sebaiknya gunakan kain yang polos.

2. Perhatikan jenis bahan

Kesalahan memilih bahan akan mengakibatkan cepat rusak alias tidak awet. Jadi, Anda harus perhatikan betul bahan gordyn tersebut, hendaklah pilih bahannya dari kain lamborgini, tekstur yang ringan dan lentur dan kain ini paling banyak digunakan sebagai gordyn. Selain itu, akan memberikan suasana kelembutan dirumah Anda.

3. Perhatikan warna

Kesalahan lain dalam memilih gordyn adalah kesalahan dalam memilih warna. Kesalahan memilih warna yang tidak padu dengan cat tembok atau furniture didekatnya akan membuat penampakan yang tidak nyaman dan tidak serasi. Oleh sebab itu, perhatikan betul warna cat tembok dan sekitarnya, lalu tentukan warna gordyn yang terpadu dan serasi.

4. Perhatikan ukuran

Ada gordyn yang dijual dipasaran langsung jadi, jika Anda memilihnya apakah sama ukurannya dengan apa yang Anda butuhkan. Sebaiknya Anda membeli kainnya sendiri dan membuat sesuai ukuran yang dibutuhkan.

5. Pertimbangkan harga

Tips selanjutnya adalah mempertimbangkan harga gordyn. Hendaklah Anda memilih harga yang sepadan dengan kualitas dan kuantitas gordyn. Biasanya banyak dijumpai gordyn yang bahannya jelek namun harganya mahal, dan ada juga yang harganya sangat murah namun mudah luntur warnanya. Oleh karena itu Anda harus pintar-pintar memilih gordyn, agar tidak salah membelinya, hendaklah temukan ditempat yang sudah terpercaya kualitasnya.

Kesimpulannya adalah Anda harus perhatikan ruangan demi ruangan dirumah Anda, perhatikan warna cat nya, ukurannya, dan kemudian Anda bisa memilih gordyn sesuai kebutuhan untuk memperindah dan membuat nyaman rumah Anda. Apabila